Minggu, Desember 8, 2019
Home > News > Nasional > Aparat BPBD Tetap Siaga di Hari Pemungutan Suara Pemilu 2019

Aparat BPBD Tetap Siaga di Hari Pemungutan Suara Pemilu 2019

Ka BPBD Sinjai

SINJAI.Re-Aksi News.com. Meskipun 17 April 2019 telah ditetapkan sebagai hari libur nasional dalam rangka pemungutan suara Pemilu serentak 2019, namunaparat Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sinjai, baik ASN maupun Tenaga Sukarela, tetap bertugas dan siaga sampai pada wilayah kecamatan dan desa.

TPS 01 BTN Gojeng elegan
Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan
Kasubid Pantau TPS

Relawan BPBD Bersama Tokoh Masyarakat

TPS 01 Jln Persatuan raya

relawan Ikut Bertugas Membantu Penyelenggara Pemilu
TPS-21-Tekolampe-Terpantau
Desa Palangka Kec. Sinjai Selatan Terpantau Aman

TPS Samaturue Tellulimpoe terpantau aman

Penugasan aparat BPBD di hari libur nasional ini, merupakan konsekwensi dari penetapan “Status Siaga Darurat Bencana Banjir, Tanah Longsor dan Angin Kencang di Kabupaten Sinjai Sampai Dengan Juni 2019,” sebagaimana yang telah dituangkan  dalam Surat Keputusan Bupati Sinjai Nomor 328Tahun 2019.

Ditemui di sekitar lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) 27 Kelurahan Biringere Kecamatan Sinjai Utara, Rabu (17/04/2019), Pelaksana tugas (Plt) Kepala BPBD Kabupaten Sinjai, Budiaman yang baru saja menggunakan hak suaranya bersama 4 anggota keluarganya, membenarkan adanya penugasan ke seluruh aparat BPBD.

“Benar, bahwa sejak penetapan status siaga darurat bencana dengan keputusan Bupati, melalui Sekda selaku ex officio kepala BPBD, telah membentuk tim untuk melakukan pemantauan pada seluruh desa dan kecamatan dengan melibatkan semua OPD”. Terangnya.

Sementara pada internal BPBD itu sendiri, melalui Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan serta Bidang Kedaruratan dan Logistik dibawah koordinasi Sekretaris BPBD, juga telah melakukan penugasan kepada seluruh personil untuk melakukan pemantauan di semua wilayah Kabupaten Sinjai, termasuk pada hari libur.

Khusus, untuk pada hari H Pemilu 2019 ini, kecuali bagi yang bertugas di TPS dan yang menjadi pengawas, semua aparat BPBD tetap bertugas di lokasi masing-masing yang sudah ditetapkan, mulai pada yang posko di secretariat BPBD maupun yang siap siaga di desa-desa pada setiap kecamatan.

Salah satu sasaran pemantauan kami, adalah memastikan penyelenggaraan pemungutan suara dapat tetap berjalan dengan tertib, lancar dan aman dari segala bentuk ancaman bencana yang sewaktu-waktu dapat terjadi tanpa bisa diduga sebelumnya. Jelas Budiaman.

Karena itu, jika pada hari ini, beberapa aparat Pemda, termasuk relawan dari BPBD berada di sekitar lokasi TPS, itu dapat dipastikan jika mereka tengah melaksanakan tugas pemantauan sebagai bentuk antisipasi dan kewaspadaan kita terhadap kemungkinan dampak cuaca ekstrim yang tidak kita inginkan.

Sebab perlu diketahui, bahwa penetapan status siaga darurat bencana ini merupakan tindak lanjut dari Surat Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah IV Makassar nomor UM.501/142/KBBIV/III/2019 tertanggal 08 Maret 2019 perihal Waspada Cuaca Ekstrim.

Komentar Facebook