Minggu, Desember 8, 2019
Home > Advertorial > Bupati Sinjai Tunaikan Janji, Nelayan Menuai Pelayanan Perizinan Kelautan dan Perikanan di Daerahnya

Bupati Sinjai Tunaikan Janji, Nelayan Menuai Pelayanan Perizinan Kelautan dan Perikanan di Daerahnya

Peresmian Ferai Perizinan

SINJAI. Re-Aksi News.com. Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa, tampaknya tidak perlu menunggu waktu lama untuk menunaikan janjinya menghadirkan pelayanan administrasi perizinan  bidang kelautan dan perikanan di  daerahnya, menyusul dilounchingnya Gerai Pelayanan Administrasi Perizinan Sektor Kelautan dan Perikanan  Kabupaten Sinjai pada Rabu (19/12/2018) di Kelurahan Lappa Sinjai Utara.

Selama ini, pelayanan administrasi perizinan sektor kelautan dan perikanan menjadi kewenangan pemerintah provinsi sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah, namun dalam pelaksanaannya, nelayan merasa sangat terbebani untuk mendapatkan pelayanan perizinan pada ibukota provinsi yang membutuhkan waktu, tenaga dan biaya yang tidak sedikit.

Karena itu, dalam kampanyenya menjelang pilkada kemarin, Andi Seto Gadhista Asapa yang mendengarkan keluhan dan keresahan warga nelayan tersebut, berjanji untuk mengupayakan mendekatkan kembali pelayanan perizinan sektor kelautan dan perikanan di daerahnya pada awal kepemimpinannya.

Komitmen Andi Seto Gadhista Asapa itu, dibuktikannya melalui perjuangannya yang konsisten dengan menjadikannya sebagai salah satu program andalan yang hendak diwujudkan dalam seratus hari kerja pertamanya memimpin daerah ini yang karena kondisi wilayah geografisnya dijuluki sebagau daerah tiga dimensi.

Kepedulian Andi Seto Gadhista Asapa terhadap keluhan warga masyarakat nelayan dalam upayanya mendapatkan pelayanan perizinan yang mudah, cepat dan lebih terjangkau, ditindaklanjutinya secara sungguh-sungguh dengan mengusulkan kepada Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan untuk pengadaan Gerai Pelayanan Administrasi Perizinan Sektor Kelautan dan Perikanan di daerahnya.

Tekad dan upaya Bupati Andi Seto Gadhista Asapa memperjuangkan kepentingan warganya, mendapat respon Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan dengan menyetujui usul Gerai Pelayanan Administrasi Perizinan Sektor Kelautan dan Perikanan yang menjadi kewenangan provinsi, di Kabupaten Sinjai.

Untuk ketertiban dan kelacaran pelaksanaannya, Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa telah menandatangani perjanjian kerjasama dengan Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah yang hasilnya kini mulai dapat dinikamti oleh warga masyarakat Kabupaten Sinjai yang hendak mendatakan perizinan pada bidang kelautan dan perikanan.

Realisasi janji Bupati Andi Seto Gadhista Asapa menghadirkan gerai pelayanan perizinan ini, menjadi salah satu bukti nyata dari kepemimpinannya yang konsisten pada komitmen, peka dan peduli terhadap kesulitan warganya yang menjadi fakta dari kemauan dan kemampuannya menghadirkan pemerintahan sebagai rahmat bagi masyarakat.

Karena itu, tidaklah berlebihan jika Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Provinsi Sulawesi Selatan, AM Yamin, lantas menyampaikan apresiasinya terhadap inisiatif dan terobosan Bupati Sinjai mengadakan gerai pelayanan perizinan di daerahnya.

Menurutnya, galeri pelayanan perizinan di Kabupaten Sinjai ini, merupakan yang pertama di povinsi Sulawesi Selatan, bahkan mungkin di Indonesia, dan ini mungkin akan diikuti oleh kabupaten lainnya di Provinsi Sulawesi Selatan, jelasnya. (AA)

Komentar Facebook