Home > News > Satgas Covid-19 Desa Saukang Gencar melakukan pendataan bagi Warga Pendatang

Satgas Covid-19 Desa Saukang Gencar melakukan pendataan bagi Warga Pendatang

Sinjai_Rn– Memaksimalkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Desa Saukang Kec. Sinjai Timur . Melalui Tim terpadu relawan, Babinkamtibmas,Babinsa, Petugas Pustu Desa Saukang ,Kadus ,RW dan RT , Satgas gencar melakukan pendataan bagi warga pendatang.

Kepala Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Saukang Nurafizah menjelaskan, Satgas melalui petugas kesehatan di Pustu terlebih dahulu melakukan sosialisasi kepada warga di tiap Dusun di Desa Saukang. “Alhamdulillah, masing-masing Dusun sudah ada relawan terpadu . Untuk lokasi observasi, diusahakan tiap Dusun ada,” jelasnya, Selasa (10/4/2020).

Pemerintah Desa Saukang telah mendirikan Posko . Posko tersebut dipergunakan untuk mendeteksi dini penyebaran virus Corona melalui pendatang. “Tiap Dusun sudah melaporkan pendatang yang masuk di daerahnya, katanya.
Sebagai langkah pencegahan, lanjut nurafizah “sosialisasi dan pendataan tidak hanya dari kader kesehatan dan satgas saja, tapi juga melibatkan para relawan”

Mekanisme atau alur penanganan warga pendatang di Desa Saukang , diimbau untuk segera istirahat dan melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. “Dari pihak keluarga, nanti akan melaporkan kepada kader kesehatan atau Ketua RT setempat dan dilakukan pendataan sesuai identitas warga yang baru datang tersebut,” ujarnya.

Setelah melakukan pendataan, gugus tugas akan memantau perkembangan warga pendatang dan melaporkan ke gugus tugas kecamatan. “Pelaporan ini tidak hanya mengenai pendataan dan hasil pemantauan saja. Tapi, jika ada warga pendatang yang tidak patuh, Gugus tugas desa juga akan melaporkan kepada gugus tugas kecamatan,” imbuhnya.(Gugun)

Komentar Facebook