Minggu, Desember 8, 2019
Home > News > Sidang Paripurna Istimewa DPRD Sinjai Umumkan Jamaluddin Asnawi Sebagai Wakil Ketua DPRD

Sidang Paripurna Istimewa DPRD Sinjai Umumkan Jamaluddin Asnawi Sebagai Wakil Ketua DPRD

Jamaluddin-Asnawi

SINJAI. Re-Aksi News.com. Sidang paripurna istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sinjai yang dipimpin Ketua DPRD Sinjai, Abd. Haris Umar, Rabu malam (15/08/2018) mengumukan penetapan Jamaluddin Asnawi sebagai Wakil Ketua DPRD pengganti antar waktu.

Rapat yang dihadiri 22 dari 30 anggota DPRD Kabupaten Sinjai, juga dihadiri Pelaksana Harian (Plh) Bupati Sinjai, Akbar Mukmin, Staf Ahli Bupati Bidang Hukum Politik dan Pemerintahan, Budiaman, Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan, Andi Munarpah, dan Plt. Asisten Administrasi, Lukman Dahlan.

Ketua DPRD Abd Haris Umar dalam pidato pengantarnya mengungkapkan dasar hukum pelaksanaan agenda sidang paripurna istimewa yang mengendakan pengumuman hasil penetapan KPU Sinjai terhadap paslon Bupati dan Wakil Bupati terpilih,

Menurutnya, berdasarkan Undang-Undang Nomor  8 tahun 2015 dalam pasal 160 ayat (3), pengesahan, pengangkatan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati serta pasangan Walikota dan wakil Walikota terpilih dilakukan berdasarkan penetapan calon terpilih oleh KPU Kabupaten/Kota yang disampaikan oleh DPRD Kabupaten/Kota kepada Menteri melalui Gubernur.

Selanjutnya, dalam surat edaran Menteri dalam Negeri No SE.120/2033/OTDA tanggal 22 Maret 2017 sebagai implikasi dari ketentuan tersebut menegaskan, bahwa DPRD Kabupaten/Kota mengumumkan dalam Rapat Paripurana Istimewa dan hasil penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih oleh KPU Kabupaten/Kota sebelum disampaikan kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur.

Sementara itu, pengumuman usulan Pengganti Wakil ketua DPRD Sinjai masa jabatan 2014-2019, Abd. Haris menuturkan ini sesuai ketentuan yang diatur dalam tata tertib DPRD Nomor  1 tahun 2017 pada pasal 48 ayat ,  bahwa calon pengganti pimpinan DPRD yang berhenti yang diusulkan oleh pimpinan partai politik diumumkan dalam rapat paripurna DPRD.

Selanjutnya pimpinan DPRD mengusulkan peresmian pengangkatan calon pengganti pimpinan DPRD kepada Gubernur melalui Bupati.  Adapun nama anggota DPRD yang diusulkan Fraksi Partai Golkar dalam surat keputusan dari DPD Partai Golkar adalah Jamaluddin Asnawi.

Komentar Facebook