Home > News > Warga Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Sinjai Punya Riwayat Perjalanan, Bukan Transmisi Lokal.

Warga Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Sinjai Punya Riwayat Perjalanan, Bukan Transmisi Lokal.

SINJAI. Rn. Delapan  warga Kabupaten Sinjai  positif covid-19 yang diumumkan Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa pada Jumat (15/05/2020), adalah warag yang memiliki riwayat perjalanan dari luar daerah Kabupaten Sinjai, termasuk 7 pasien positif Covid-19 sebelumnya yang 5 di antaranya telah dinyatakan sembuh.

Menurut Bupati, berdasarkan hasil tracking yang dilakukan oleh tim bersama dengan Dinas Kesehatan, ke delapan warga positif Covid-19 yang diumumkan hari ini, semuanya adalah Kasus Orang Tanpa Gejala (OTG) yang memiliki riwayat perjalanan dan waktu tibanya di Sinjai hampir bersamaan dengan datangnya warga yang sebelumnya telah dinyatakan terkonfirmasi positif.

Jadi dua kali pengungkapan kasus terkonfirmasi positif ini, belum ada kasus penularan dari transmisi lokal, karena semua yang telah dinyatakan positif  berdasarkan hasil pemeriksaan swabnya, adalah semua tertular dari luar daerah.

Namun demikian, untuk 8 kasus terakhir, Gugus Tugas belum dapat menentukan klaster transmisinya, sebab berbeda dengan kasus sebelumnya yang lebih jelas asal daerah perjalanannya, termasuk pasien yang dari Kabupaten Bone, sedangkan yang 8 sekarang ini, perjalanannya melalui beberapa daerah.

Dengan terungkapnya 8 kasus terkonfirmasi positif  Covid-19 ini, pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai, tampaknya akan bekerja lebih ekstra lagi untuk melakukan penelusuran dan pemeriksaan terhadap kontak erat masing-masing pasien, dan hal Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai, Andi Suriyanto Asapa, akan segera menindaklanjutinya.

Komentar Facebook